-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Asal Usul Islam Masuk Ke Nusantara

81 komentar
Asal Usul Islam Masuk Ke Nusantara - Sejak jaman kerajan Sriwijaya dan Maja Pahir nama Nusantara telah di kenal. Kemudian secara geografis cakupan wilayah Nusantara ini lebih luas dari pada cakupan wilayah Indonesia sekarang. Wilayah cakupan Nusantara ini meliputi kepulauan yang ada di Asia Tenggara sampai ke kepulauan Solomon di Papua Nugini.

Negeri Bawah Angin merupakan nama yang dikenal pada masa lalu untuk menyebut wilayah Nusantara, sealain itu juga sering disebut sebagai Lesser India atau India Kecil. Namun untuk orang yang berada di wilayah cakupan Nusantara sendiri lebih akrab menyebutnya dengan "Negeri Bawah Angin". Sementara orang Nusantara akan menyebut wilayah India, Persia dan Arab dengan sebutan "Negeri Atas Angin".

Kemudian orang-orang Nusantara yang berada di Haromain (Mekah dan Madina) sering disebut oleh orang Arab dengan sebutan Jawi. Sehingga para ulamanya sering mendapat julukan sebagai Ulama Jawi. Seperti sebutan yang mengait kepada Iman Nawawi Banten dengan sebutan al-Jawi.

Teori Asal Usul Islam Masuk Ke Nusantara


Asal Usul Islam Masuk Ke Nusantara

Sejak jaman dahulu nenek moyang bangsa Indonesia ini sebenarnya sudah dikenal sebagai bangsa yang memiliki para pelayar ulung dan mumpuni dalam menaklukan samudra. Rute-rute pelayaran untuk perjalanan dagang bangsa Nusantara ke wilayah daratan Asia sebenarnya sudah ada semenjak awal Masehi dan dikenal dengan jalur sutera. Kemudian wilayah yang menjadi titik perhatian para pedagang di wilayah barat Nusantara adalah Malaka, karena Malaka ini memiliki hasil bumi yang sangat menarik bagi para pedagang. Selain itu Malaka juga menjadi lintasan penting bagi Cina dan India.

Hasil bumi berupa pala dan cengkeh yang berasal dari Maluku guna bisa dijual kepada para pembeli asing, maka di pasarkan di Jawa dan Sumatra. Karena pelabuhan-pelabuhan penting tempat para pembeli asing mencari rempah, ada di pulau Jawa dan Sumatra. Hal seperti ini berlangsung pada sekitar abad ke 1 sampai abad ke 7 Masehi. Lamuri di Aceh, Barus dan palembang di Sumatra, kemudian Sunda Kelapa dan Gresik yang ada di pulau Jawa, merupakan pelabuhan-pelabuhan penting tempat yang menjadi paporit bagi persinggahan para pedagang Asing.

Para pedagang asing yang berasal dari Arab, mereka tidak hanya menjalankan kegiatan dagang, tetapi di sisi lain mereka pun melakukan dakwah untuk menyebarkan agama Islam. Oleh karena itulah para ahli sejarah menyimpulkan bahwa Islam sudah sampai ke Nusantara itu sejak para pedagang Arab Muslim datang ke pelabuhan-pelabuhan yang ada di Sumatra dan Jawa tersebut. Namun, belum terorganisir dengan jelas dalam penyebarannya dan belum sampai ke pedalaman.

Mengenai masuknya Islam ke Nusantara, telah memunculkan perdebatan dikalangan ahli sejarah mengenai siapa yang membawa dan kapan sampainya?. Sehingga banyak sekali ditemukan hasil kajian dari para ahli sejarah ini mengenai proses masuknya Islam ke Nusantara. Setidaknya ada 3 teori yang menyatakan proses masuknya Islam ke Nusantara yaitu; Persia, India dan Arab.

Terori yang pertama menyatakan bahwa Islam masuk ke Nusantara melalui para pedagang yang berasal dari Persia. Kemudian yang menjadi dasar alasan dari teori yang pertama ini adalah adanya peringatan 10 asyuro di Sumatra bagian urara. Dimana peringatan hari Asyura ini bertujuan mengenang wafatnya sayidin Hasan dan Husain cucu dari Rosulullah saw. Selain bukti ini ada juga serapan bahasa yang muncul di wilayah Sumatra yang di yakini berasal dari bahasa Iran, seperti Jabar, jer dan lain-lain. Teori pertama ini mengambil kesimpulan bahwa Islam masuk ke wilayah Sumatra pada sekitar abag ke-13. Kemudian wilayah pertama yang di masuki adalah Samudra Pasai.
Teori pertama ini juga dikuatkan oleh Marrison dengan dalih adanya pengaruh yang sangat kuat yang berasal dari Persia dalam kosa kata yang terdapat dalam kesusastraan Melayu. selain itu ada penegasan bahaw al-Qadhi Amir Sayyid as-Syirazi dari Persia pernah datang dan berkunjung ke kerajaan Samudra Pasai.

Teori yang ke dua datang dari seorang misionaris belanda yang bernama Snouck Hurgronje. Dalam teorinya dia berpendapat bahwa Islam masuk ke wilayah Nusantara melalui India. Kemudian secara jelas dia mengatakan bahwa Islam masuk ke Nusantara melalui kota Dakka, India. Ada juga ahli sejarah lain yang berasal dari belanda yaitu; Pijnapel dan Moquette yang berpendapat bahwa Islam datang ke Nusantara dari Malabar dan Gujarat, India. yang menjadi dasar pendapat teori ke dua ini adalah adanya kesamaan madzhab yang dianut oleh kaum muslimin yang ada di Nusantara dan Gujarat, India.
Teori yang ke tiga datang dari ahli sejarah bernama Keijzer. Menurutnya Islam masuk ke Nusantara melalui Mesir. Dasar teorinya adalah ada kesamaan Madzhab yang di anut yaitu mazhab Syafi'i. Selain Keijzer ada Nieman dan de Holander yang menyatakan bahaw Hadromaut sebagai tempat Islam berasal. Secara umum rata-rata para ahli sejarah di Indonesia sangat setuju dengan teori ini.

Sebagai bagian terakhir dari tulisan ini, penulis memandang sebuah hikmah yang sangat besar dari sejarah masuknya Islam ke Indonesia ini. Bahwa bisa jadi sumber budaya yang membawa Islam ke Indonesia itu memiliki ragam karakter yang berbeda. Sehingga dari ragam budaya yang berbeda ini telah melahirkan model Islam yang Rahmatan lil Alamin. Dimana nilai-nilai Islam mampu bersinergi dengan karakteristik budaya yang ada di Indonesia.
Asep Rois
Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

Related Posts

81 komentar

  1. Manfaat dengan mempelajari agama islam lebih dalam juga menambah wawasan ilmu dengan cara membaca buku buku atau kitab kitab yang di buat oleh para ulama atau wali songo,dan manfaat terbesar nya adalah kemerdekaan indonesia yang di bantu mayoritas muslim

    BalasHapus
  2. 1. Hasil karya para ulama yang berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan.
    2. Para ulama dan umara bersatu padu mengusir penjajah meskipun dengan persenjataan yang tidak sebanding
    3. Mengetahui dan memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia
    4. Mengetahui dan memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan kebududayaan
    5. Menjadi cermin untuk memacu kehidupan yang lebih baik

    BalasHapus
  3. Mengenal agama islam sebagai agama rahmatan lilalamin, menjadikan agama dengan mayoritas pemeluknya di nusantara serta menjadi pondasi yg utuh sebagai akidah hidup

    BalasHapus
  4. Menurut saya,manfaat yang didapat dari masuknya islam ke nusantara adalah para ulama dan umara bersatu untuk mengusir penjajah walaupun dengan persenjataan yang kurang sebanding,hasil karya para ulama yang berupa buku dijadikan sumber pengetahuan,mengetahui dan memahami sejarah perkembangan Islam di nusantara,menjadi cerminan untuk kehidupan yang lebih baik,dan menjadi pngetahuan yang sngat berharga dan patut dicontoh untuk hal yang baik kedepannya.

    Oleh: selmadeandra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kesuksesan menjadi milikmu di masa depan kk!

      Hapus
    2. Aminn yaalloh yarobal alamin😁

      Hapus
  5. 1. Dapat memahami sejarah perkembangan Islam
    2. Dapat memicu untuk kehidupan yang lebih baik
    3. Memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan

    BalasHapus
  6. Menurut saya
    1. Hasil karya para ulama yang berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan.

    2. Para ulama dan pejuang bersatu padu mengusir penjajah

    3. Menjadikan diri memicu kehidupan yang lebih baik menurut pandangan islam

    BalasHapus
  7. Manfaatnya, masyarakat Indonesia sekarang menjadi mayoritas pemeluk agama Islam karena dikenalkan agama Islam pada jaman dahulu oleh para wali.
    Masyarakat Islam Indonesia kini juga mengenal dan sebagian mempertahankan budaya-budaya yang di ajarkan para penyebar agama Islam terdahulu.

    BalasHapus
  8. Manfaatnya, masyarakat Indonesia sekarang menjadi mayoritas pemeluk agama Islam karena dikenalkan agama Islam pada jaman dahulu oleh para wali.
    Masyarakat Islam Indonesia kini juga mengenal dan sebagian mempertahankan budaya-budaya yang di ajarkan para penyebar agama Islam terdahulu.

    BalasHapus
  9. Umat islam mampu berpartisipasi memelihara peninggalan-peninggalan sejarah umat terdahulu, dengan cara mempelajari dan mengambil manfaat dari peninggalan-peninggalan sejarah-sejarah umat terdahulu, baik dari segi peninggalan benda-benda maupun berupa ilmu pengetahuan.
    Meneladani perilaku dan hasil karya dari umat-umat terdahulu.
    Mengambil pelajaran dari berbagai keberhasilan dan kegagalan pada masa lalu.
    Memupuk semangat dan motivasi untuk meningkatkan prestasi yang telah diraih umat terdahulu serta mengembangkanya di kehidupan sekarang dan masa depan.

    Oleh Silfi karolina sihaz

    BalasHapus
  10. Masyarakat mencontoh budaya yang di ajari para penyebar agama Islam pada jaman dahulu sehingga budaya Islam saat ini sangat banyak di pakai di Indonesia.

    BalasHapus
  11. Adapun manfaat masuknya islam ke nusantara diantaranya ;
    -Kehadiran pedagang Islam dari luar Indonesia yang telah berdakwah menyiarkan ajaran Islam di bumi nusantara memberikan nuansa baru bagi perkembangan suatu kepercayaan yang sudah ada di nusantara ini. Keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa berkembang dan tatanan kehidupan menjadi baik pula.
    -Mengajarkan tentang Islam harus dengan keramahan dan bijaksana serta membiasakan masyarakat Islam bersikap konsisten.
    -Memanfaatkan peninggalan sejarah, baik berupa makam, masjid, dan peninggalan lainnya untuk dijadikan tempat ziarah (pembelajaran) untuk mengingat perjuangan mereka.

    Sindi Nugrahani

    BalasHapus
  12. waahh... tumben.. aya raramean disinih!

    BalasHapus
  13. Menurut saya manfaat masuknya Islam ke Nusantara adalah :
    -mampu berpartisipasi dalam peninggalan peninggalan umat terdahulu dan mengambil pembelajaran dari semua itu
    -agama Islam menjadi salah satu agama yang memberikan kekuatan untuk bersatu dalam melawan para penjaah

    BalasHapus
  14. Salah satu penyebaran agama islam adalah dengan perdangan antara nusantara dan bangsa luar sehingga manfaat yang d dapatkan oleh nusantara adalah
    -prosesnya dengan perdagangan yang menghasilkan manfaat nusantara bisa bersilaturahmi atau interaksi dengan bangsa lain seperti cina india dan lain lain .selain itu dengan perdagangan juga nusantara bisa memperoleh keuntungan.dengan interaksi itu akan menghasilkan pernikahan
    -dengan pernikahan manfaat nya bisa membangun keluarga yang menghasilkan keturunan yang beragama islam
    -islam menyebar luas di nusantara manfaat bagi nusantara adalah bangsa nusantara semuanya memeluk agama islam tidak lagi memeluk agama hindu budha

    BalasHapus
  15. Menurut saya mangfaatnya adalah. Di indonesia terdapat banyak segali peningalan seperti buku².masyarakat indonesia tidak berjuang sendirian karena banyak ulama ulama dari luar yang membatu mengusir penjajah dari nusantara, masayarakat indonesia stabil akan keadaan ekonominya, di nusantara terdapat keturunan asli dari orang persia india dan arab karena pada saat itu orang nusantara mengalami perkawinan. Dan yang terakhir adalah kita harus melihat pengorbanan para ulama untuk memicu kehidupan kita supaya lebih baik menurut syariat islam

    BalasHapus
  16. Bisa menabahkan wawasannyaa mampu berpartisipasi dalam peninggalan2 terdahulu dan mengambil pembelajaran dari semua itu..

    BalasHapus
  17. Bisa menabahkan wawasannyaa mampu berpartisipasi dalam peninggalan2 terdahulu dan mengambil pembelajaran dari semua itu..

    BalasHapus
  18. Pembelajaran untuk diterapkan di masa sekarang untuk mengatahui identitas sejarah kebudayaan islam ke nusantara

    BalasHapus
  19. Pembelajaran untuk diterapkan di masa sekarang untuk mengetahui indentitas sejarah kebudayaan islam ke nusantara

    Evi lisnawati

    BalasHapus
  20. Hasil karya ulama yaitu berupa buku untuk dijadikan sumber pengetahuan,para ulama dapat mengusir penjajah meskipun dengan persenjataan yang tidak sebanding,mengetahui dan memahami sejarah perkembangan islam di indonesia,mengetahui dan memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan budaya,menjadi cerminan untuk kehidupan lebih baik untuk masyarakat.

    BalasHapus
  21. -Hasil karya para ulama yang berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan
    -Mengetahui dan memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia
    Mengetahui dan memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan

    BalasHapus
  22. Dengan masuk nya islam dinusantara masyarakat itu mendapatkan manfaat yang banyak, karena islam masuk kenusantara itu dengan jalan damai dan ramah bukan dengan kekerasan, sehingga islam mudah diterima oleh masyarakat nusantara, dan walisongo menyebarkan agama islam itu sesuai dengan adat yang ada pada masyarakat sekitar, Contoh nya sunan kudus beliau menyebarkan islam dengan toleransi seperti pada saat hari raya idul adha beliau menyaran kan masyarakat nya berkurban selain sapi, karena menurut umat hindu sapi itu adalah dewa maka sunan kudus menggantikan nya dengan kerbau agar supaya tidak menyakiti perasaan umat yang beragama hindu. Dan dibidang bangunan juga ada menara kudus dengan tidak merubah gaya arsitektur nya yang sampai sekarang masih ada bahkan sering di kunjungi oleh masyarakat indonesia. Selain itu,sampai sekarang adat dan budaya yang diajarkan para walisongo masih ada sampai saat ini contoh nya Tahlilan, dan juga kitab kitab karangan para ulama indonesia dulu juga masih ada sampai sekarang. Jadi masuknya islam ke indonesia itu membawakan banyak manfaat yang masih bisa dirasakan sampai saat ini.


    _''Abil Ahmad''_

    BalasHapus
    Balasan
    1. abadikan kegiatan istimewamu dengan meninggalkan jejak tulisan dilangit digital.

      siapa tahu, anak cucumu akan mengenalmu lewat itu!

      Hapus
  23. Dengan memeluk agama islam maka akan mencerminkan kehidupan yang lebih baik,mengetahui kebudayaan dan mengetahui sejarah perkembangan islam di indonesia,hasil karya dari para ulama seperti buku,kitab dan lain lain merupakan hal yang penting karena akan menjadi tuntunan dan sumber pengetahuan.

    BalasHapus
  24. Manfaat islam bagi nusantara adalahMemberikan Manusia Tuntunan dan Ajaran Hidup
    Memberi Jawaban Tentang Hal yang Tidak Dapat Dijawab oleh Manusia
    Mengenalkan Pada Hal yang Buruk Dan Baik.
    Menjadi Penyeimbang Antara Fisik dan Jiwa Manusia dan menjadikan agama islam agama yang rahmatan lillalamin

    BalasHapus
  25. -hasil karya para ulama yg berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan
    -mengetahui dan memahami sejarah perkembangan islam diindonesia
    -mengetahui dan memahami ilmu pengetahuan dan kebudayaan
    -menjadi cerminan untuk memacu kehidupan yg lebih baik.


    Rika Kurnia

    BalasHapus
  26. Manfaatnya, kita sebagai umat Islam di Nusantara bisa merasakan hikmah dari masuknya Islam ke Nusantara yaitu berada didalam agama yang rahmatan lil alamin, dimana dalam perjalanannya kita bisa mendapat banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari sejarah masuknya Islam dengan tradisi dan kebudayaan yang berbeda beda disetiap daerah. Dengan begitu manfaatnya sangat besar, dengan keberagaman itu kita bisa mengerti bahwa perkembangan Islam masuk melalui berbagai cara dan berbagai metode yang intinya mengandung ajaran Islam.
    (Andini Vansa Dewi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga hikmah itu menjadi selimut kebahagian untuk masa depanmu kk!

      Hapus
  27. 1. Hasil karya para ulama yang berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan. 2. Para ulama dan umara bersatu padu mengusir penjajah meskipun dengan persenjataan yang tidak sebanding 3. Mengetahui dan memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia 4. Mengetahui dan memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan kebududayaan 5. Menjadi cermin untuk memacu kehidupan yang lebih baik

    BalasHapus
  28. Manfaatnya masyarakat nusantara akan tau sejarah islam dan berkat tiga ulama tersebut yang mengusir penjajahan yang tidak sebanding dengan nya dan berupa kitab kitab yang sangat berharga untuk di jadikan sumber pengetahuan untuk kehidupan yang lebih baik.

    Siti solehah

    BalasHapus
  29. Manfaatnya, masyarakat Indonesia sekarang menjadi mayoritas pemeluk agama Islam karena dikenalkan agama Islam pada jaman dahulu oleh para wali.
    Masyarakat Islam Indonesia kini juga mengenal dan sebagian mempertahankan budaya-budaya yang di ajarkan para penyebar agama Islam terdahulu.



    Anisa Fitriani

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum, menurut pendapat saya manfaat masuknya islam ke indonesia adalah:Agama indonesia menghapus sistem kasta yang ada di indonesia, serta dengan masuk nya islam ke indonesia yg dalam kondisi sedang dijajah para ulama bersatu untuk membantu melawan penjajah, serta manfaat yang lainnya adalah meningkatkan kualitas manusia yg ada di indonesia yaitu dari bidang pendidikan dengan didirikannya pesantren sebagai sarana menuntut ilmu dan meningkatkan minat baca dengan dibuatnya karangan karangan kitab dan juga membaca alquran sebagai media ibadah


    *NENENG CINTA*

    BalasHapus
  31. manfaat masuknya islam di nusantara menurut saya yaitu
    - banyak pengetahuan mengenai sejarah terbentuknya indonesia dari mulai kerajaan² sampai menjadi negara kesatuan, penye aran agama islam yang dipelopori oleh Walisongo, menambah ilmu juga karna dari para Walisongo juga muncul pengajaran yang dibuat pada masa² tersebut yang masih bermanfaat sampai sekarang, dan dari para Walisongo juga terbentuk semangat juang melawan penjajah dan akhirnya terbentuk lah negara kesatuan Republik indonesia, dan bisa mengambil pelajaran nya juga dari kisah² tersebut agar menjadi lebih baik lagi kedepannya,, sekian

    iqbal kamili r

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum, menurut saya manfaat masuknya islam ke nusantara adalah kita dapat meneladani kesuksesan mereka dalam berkarya dan membuat masyarakat islam gemar membaca dan mempelajari al quran. Dan memiliki sikap dan jiwa spiritual yang baik

    Annisa Zahra

    BalasHapus
  33. Manfaatnya:
    1. Masyarakat nusantara yang tadinya tidak memiliki agama dan tidak bertuhan, akan menjadi tahu dan memiliki tuhan
    2. Nusantara menjadi mayoritas pemeluk islam
    3. Perilaku dan akhlaknya akan lebih baik dari sebelumnya
    4. Meningkatnya kualitas masyarakat nusantara

    BalasHapus
  34. 1.hasil karya para ulama seperti buku untuk di jadi kan sumber ilmu pengetahuan
    2.mengetahui dan memahami perkembangan ilmu pengetahuan

    BalasHapus
  35. Manfaat nya bagi Masyarakat nusantara
    1. Hasil karya para ulama yang berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan.
    2. Para ulama dan umara bersatu padu mengusir penjajah meskipun dengan persenjataan yang tidak sebanding
    3. Mengetahui dan memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia
    4. Mengetahui dan memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan kebududayaan
    5. Menjadi cermin untuk memacu kehidupan yang lebih baik

    BalasHapus
  36. manfaat masuknya islam di nusantara menurut saya yaitu
    - banyak pengetahuan mengenai sejarah terbentuknya indonesia dari mulai kerajaan² sampai menjadi negara kesatuan, penye aran agama islam yang dipelopori oleh Walisongo, menambah ilmu juga karna dari para Walisongo juga muncul pengajaran yang dibuat pada masa² tersebut yang masih bermanfaat sampai sekarang, dan dari para Walisongo juga terbentuk semangat juang melawan penjajah dan akhirnya terbentuk lah negara kesatuan Republik indonesia, dan bisa mengambil pelajaran nya juga dari kisah² tersebut agar menjadi lebih baik lagi kedepannya

    BalasHapus
  37. banyak pengetahuan mengenai sejarah terbentuknya indonesia dari mulai kerajaan² sampai menjadi negara kesatuan, penye aran agama islam yang dipelopori oleh Walisongo, menambah ilmu juga karna dari para Walisongo juga muncul pengajaran yang dibuat pada masa² tersebut yang masih bermanfaat sampai sekarang, dan dari para Walisongo juga terbentuk semangat juang melawan penjajah dan akhirnya terbentuk lah negara kesatuan Republik indonesia, dan bisa mengambil pelajaran nya juga dari kisah² tersebut agar menjadi lebih baik lagi kedepannya

    BalasHapus
  38. 1. Hasil karya para ulama yang berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan. 2. Para ulama dan umara bersatu padu mengusir penjajah meskipun dengan persenjataan yang tidak sebanding 3. Mengetahui dan memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia 4. Mengetahui dan memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan kebududayaan 5. Menjadi cermin untuk memacu kehidupan yang lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, jangan pernah berhenti untuk mengarungi ombak-ombak kehidupan yang terbaru!

      Hapus
  39. Dengan masuknya islam diindonesia banyak yang manfaat yang didapat oleh bangsa indonesia dari perdagangan,pendidikan,bahkan kebudayaan,dengan masuknya islam ke indonesia menjadikan indonesia sebagai mayoritas muslim terbesar didunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat, tetap percaya diri dalam menghadapi setiap perubahan!

      Hapus
  40. banyak pengetahuan mengenai sejarah terbentuknya indonesia dari mulai kerajaan² sampai menjadi negara kesatuan, penye aran agama islam yang dipelopori oleh Walisongo, menambah ilmu juga karna dari para Walisongo juga muncul pengajaran yang dibuat pada masa² tersebut yang masih bermanfaat sampai sekarang, dan dari para Walisongo juga terbentuk semangat juang melawan penjajah dan akhirnya terbentuk lah negara kesatuan Republik indonesia, dan bisa mengambil pelajaran nya juga dari kisah² tersebut agar menjadi lebih baik lagi kedepannya


    SitiAas

    BalasHapus
  41. Manfaat dengan mempelajari agama islam lebih dalam juga menambah wawasan ilmu dengan cara membaca buku buku atau kitab kitab yang di buat oleh para ulama atau wali songo,dan manfaat terbesar nya adalah kemerdekaan indonesia yang di bantu mayoritas muslim

    BalasHapus
  42. Dengan masuknya Islam di Nusantara Islam di Indonesia menjadi mayoritas muslim terbesar karena cara penyebarannya yang unik tidak dengan cara berperang atau pun pemaksaan , penyebaran pun dengan berbagai cara ada yang lewat perdagangan , pendidikan ,pernikahan ,kesenian dll .

    BalasHapus
  43. Manfaat islam bagi nusantara adalahMemberikan Manusia Tuntunan dan Ajaran Hidup
    Memberi Jawaban Tentang Hal yang Tidak Dapat Dijawab oleh Manusia
    Mengenalkan Pada Hal yang Buruk Dan Baik.
    Menjadi Penyeimbang Antara Fisik dan Jiwa Manusia dan menjadikan agama islam agama yang rahmatan lillalamin

    Yubi yakub

    BalasHapus
  44. 1. Hasil karya para ulama yang berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan.
    2. Para ulama dan umara bersatu padu mengusir penjajah meskipun dengan persenjataan yang tidak sebanding
    3. Mengetahui dan memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia
    4. Mengetahui dan memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan kebududayaan
    5. Menjadi cermin untuk memacu kehidupan yang lebih baik

    BalasHapus
  45. Dengan masuknya Islam ke Nusantara membawa dampak baik bagi masyarakat diantaranya:hidup masyarakat jadi lebih tertuju pada kebaikan,mampu membawa masyarakat bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik.

    BalasHapus
  46. Dengan masuknya agama Islam ke Nusantara memberikan banyak manfaat bagi masyarakat,tapi saya akan menulis beberapa manfaat saja diantaranya:kehidupan masyarakat di Nusantara menjadi lebih baik,dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak
    Mungkin hanya itu saja manfaat yang bisa saya sampaikan mohon maaf bila ada kesalahan karena saya masih dalam tahap belajar...

    #Ramdhani

    BalasHapus

  47. Dengan adanya prinsip agama, kita mempunyai tujuan dalam menjalani hidup

    Selain itu, dengan adanya islam, kita mengenal kitab alqur'an,, kita dapat mengetahui segala urusan serta pengetahuan baik itu yang bersifat duniawi seperti kajian medis dan sejarah,,maupun pengetahuan yang bersifat akhirat

    Hilya Khoirunnisa

    BalasHapus
  48. Dengan masuknya islam ke indonesia memberikan dampak positif bagi masyarakat .masyarakat yang dulunya memegang kepercayaan terhadap nenek moyang dan roh roh sekarang sudah memeluk agama islam . setelah datangnya islam , indonesia jadi dapat merdeka berkat para ulama yang mengusir penjajah , selain itu hasil karya para ulama tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat sebab dapat menjadi sumber untuk menambah dan memperluas ilmu pengetahuan mereka . serta menjadi bahan pemahaman dan pengetahuan tentang perkembangan sejarah islam ,ilmu pengetahuan dan budaya dari dulu sampai sekarang . juga menjadi suri tauladan untuk memacu kehidupan yang lebih baik lagi dari sebelumnya

    Cicisitirohmah

    BalasHapus
  49. 1. Hasil karya para ulama yang berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan. 2. Para ulama dan umara bersatu padu mengusir penjajah meskipun dengan persenjataan yang tidak sebanding 3. Mengetahui dan memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia 4. Mengetahui dan memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan kebududayaan 5. Menjadi cermin untuk memacu kehidupan yang lebih baik

    BalasHapus
  50. 1. Hasil karya para ulama yang berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan. 2. Para ulama dan umara bersatu padu mengusir penjajah meskipun dengan persenjataan yang tidak sebanding 3. Mengetahui dan memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia 4. Mengetahui dan memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan kebududayaan 5. Menjadi cermin untuk memacu kehidupan yang lebih baik

    Dirham

    BalasHapus
  51. Dengan masuknya islam ke nusantara ada banyak manfaat yang didapatkan oleh masyarakat seperti:
    1. Hasil karya para ulama yang berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan.
    2. Para ulama bersatu padu mengusir penjajah meskipun dengan persenjataan yang tidak sebanding
    3. Mengetahui dan memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia
    4. Mengetahui dan memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan kebududayaan
    5. Menjadi cermin untuk memacu kehidupan yang lebih baik


    SipaAulia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetapi tidak itu saja manfaat masuknya islam ke nusantara bagi masyarakat dapat menghilangkan sistem kasta yang berlaku dan kita sebagai generasi muda muslim harus terus memperluas dan melestarikan ilmu kita tentang sejarah masuknya islam ke indonesia.
      terimakasih

      Hapus
  52. Manfaat yang dapat di ambil dari masuknya islam ke indonesia
    Dijadikan sebagai cerminan hidup untuk menjadi lebih baik lagi, mengetahui sejarah perkembangan islam,dan menjadi penyeimbang antara fisik dan jiwa manusia menjadikan agama islam yang rahmatan lillalamin.

    Oleh fitriaraa

    BalasHapus
  53. -. para ulama meninggalkan buku sangat berharga untuk sumber pengetahuan.
    -. Para ulama dan umara bersatu mengusir penjajah meskipun dengan persenjataan yang tidak sebanding dengan kta
    -. Mengetahuii sejarah perkembangan Islam di Indonesia yang baik
    -. Mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan kebududayaan yang ada di indonesia sjak saat itu.

    BalasHapus

  54. Untuk mendapatkan informasi mengenai asal-usul khazanah serta kebudayaan  dan kekayaan serta keahlian di bidang-bidang tertentu lainya yang pernah diraih oleh umat islam pada masa terdahulu , serta dapat mengambil pelajaran dari kejadian-kejadian dan perjuangannya serta untuk membentuk watak dan kepribadian umat.

    Oleh:M.husni fauzi

    BalasHapus
  55. hasil karya para ulama yg berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan, mengetahui dan memahami sejarah perkembangan islam diindonesia, mengetahui dan memahami ilmu pengetahuan dan kebudayaan, menjadi cerminan untuk memacu kehidupan yg lebih baik.

    BalasHapus
  56. Menurut saya masuknya islam ke nusantara memberi manfaat yang banyak bagi khalayak masyarakat yang memiliki ragam budaya seperti membuat kehidupan menjadi terarah,
    memberi ketenangan dalam hidup, meningkatkan keyakinan nilai nilai islam di dalam budaya yang sudah ada,
    dan islam menghindarkan
    dari perilaku buruk yang membawa dalam kebaikan bagi kehidupan.

    BalasHapus
  57. Menurut pendapat saya masuknya islam ke nusantara ada sangat banyak tetapi saya hanya bisa menyebutka beberapa poin saja di antaranya adalah sebagai berikut...
    1. Hasil karya para ulama yang berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan.
    2. Para ulama dan umara bersatu padu mengusir penjajah meskipun dengan persenjataan yang tidak sebanding
    3. Mengetahui dan memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia
    4. Mengetahui dan memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan kebududayaan

    Enceng pak

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter